18 Juli 2011

Kejurcab Pencak Silat Remaja Batam 2011

Sekitar 120 orang atlet pencak silat remaja saling adu keterampilan bertarung di atas gelanggang yang dibentang di Nagoya Hill Shopping Mall, sebuah pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Kota Batam. Para pesilat remaja ini dikirim oleh perguruan pencak silat masing-masing untuk bertanding dalam Kejurcab Pencak Silat Remaja Batam 2011 memperbutkan Piala Ketua Umum Pengkot IPSI Batam. Kegiatan yang juga disebut dengan nama IPSI Batam Cup I Tahun 2011 ini digelar pada tanggal 16 s.d. 17 Juli 2011, diikuti oleh 17 perguruan pencak silat yang ada di Kota Batam.

Dalam even ini, Kelatnas Indonesia Perisai Diri Kota Batam menerjunkan 9 orang atletnya dengan formasi tim sebagai berikut :

Kelas A Putra : M. Adam Saputra (medali emas)
Kelas B Putra : Lalu Suryadi Suyan Deni (medali perunggu)
Kelas C Putra : Rycko Andreas Canover  
Kelas D Putra : Maulana Ilham (medali perak)
Kelas C Putri : Nurul Aini (medali perunggu)
Kelas D Putri : Gamita Salendra (medali perak)
Kelas E Putri : Ainul Hijrah  
Kelas F Putri : Lafia Putri Dwi Pramesti (medali perunggu)
Kelas G Putri : Elfia Yunengsy (medali perak)
Manajer : Nurman Akhmadi  
Ofisial 1 : Tri Maswandoko  
Ofisial 2 : Dyar Pedut Pamungkas  

Di Kelas A Putra, setelah melewati partai penyisihan, M. Adam Saputra bertanding di partai semifinal melawan Yogie Pratama dari Silaturahmi. Pesilat Perisai Diri tingkat Dasar II yang berlatih di Ranting SKB Batam ini berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 4-1. Di partai final, terjadi pertarungan sengit melawan Faizul Wafa, pesilat dari Setia Hati Terate. Dengan kombinasi teknik sapuan tegak dan pukul pendeta, Adam berhasil mengumpulkan nilai lebih banyak daripada lawannya sehingga di akhir pertandingan Adam dinyatakan sebagai pemenang dengan skor 4-1 dan berhak mendapatkan medali emas.

Sementara itu, di Kelas D Putra, Maulana Ilham berlaga melawan Agung Tirta Yasa dari Setia Hati Terate. Di pertarungan partai penyisihan ini, Ilham berhasil menang dengan skor 4-1. Kemenangan ini menghantarkan Ilham untuk bertanding di partai semifinal melawan Ahmad Rifai dari Tapak Suci. Kembali Ilham meraih kemenangan dengan skor 3-2 dan melaju ke babak final. Di pertarungan partai final, siswa SMK Negeri 4 Batam ini kalah dengan M. Ariadi dari Setia Hati Organisasi sehingga hanya memperoleh medali perak.

Medali perak juga diraih oleh Gamita Salendra di Kelas D Putri. Setelah menang melawan Novalita Arisanti dari Walet Puti dengan skor 5-0 dan Fitriyanti dari Setia Hati Organisasi dengan skor 5-0 juga, atlet yang akrab dipanggil Rara ini gagal di partai final melawan Fitri dari Setia Hati Terate dengan skor 0-5.

Selain medali emas dan perak, atlet Perisai Diri juga berhasil meraih beberapa medali perunggu. Nurul Aini yang bertanding di Kelas C Putri di partai penyisihan berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 5-0 melawan Agnes Nares dari Tapak Suci. Namun sayangnya di partai semifinal Nurul kalah dengan Rahayu dari Himssi dengan skor 0-5 sehingga hanya memperoleh medali perunggu.