17 Maret 2006

Sumatera Barat Terlalu Tangguh

Panasonic Sirkuit Pencak Silat Wilayah I Putaran I

Pesilat asal Sumatera Barat (Sumbar) masih terlalu tangguh bagi lawan-lawannya di Wilayah I Sumatera. Pertandingan lanjutan Panasonic Sirkuit Pencak Silat Wilayah I Putaran I, yang berlangsung di Asrama Haji Batam Centre, kemarin, berhasil mereka dominasi dengan 16 kemenangan dalam 24 pertandingan.

Dari segi teknik dan mental bertanding, harus diakui, kontingen Sumbar masih berada satu tingkat di atas pesilat dari Provinsi lainnya yang menjadi peserta dalam Sirkuit pertama tersebut. Jatuhan, sapuan, pukulan, tendangan hingga kuda-kuda para pesilat berasal dari daerah yang terkenal dengan masakan khasnya itu, terlihat cukup matang.

Seperti yang sempat diperagakan Edwar Moris saat menghadapi Syarif dari Riau. Pesilat bertubuh sedang yang turun di kelas 50-55 Kg tersebut memainkan jurus-jurusnya dengan baik. Ia bahkan tidak terlihat emosional saat Syarif mengajaknya bertarung terbuka. Edwar pun menang berkat teknik matang yang ia peragakan.

Sementara itu, masih ada beberapa pesilat Sumbar lainnya yang memiliki kemampuan bertarung cukup baik. Sebut saja Afdelia Meliko atau Sulastri. Sementara itu, dua atlet Kepulauan Riau (Kepri) masing-masing Rita dan Agus Wihananto menjadi pesilat Kepri yang hingga hari ketiga kemarin, belum tersentuh kekalahan. "Hari ini saya dapat by, besok baru main. Sekarang saya cuma mau melihat peserta lain bertanding," kata Rita yang terus memantau calon lawannya sebagai bahan pelajaran untuk pertandingan hari ini.

Sumbar yang hingga kini belum tergoyahkan di puncak klasemen, memang sejak jauh-jauh hari menjadi lawan yang paling di waspadai Provinsi Kepri. Hal itu, ternyata terbukti. Kepri sejauh ini baru bisa membayangi Sumbar dan Sumut di posisi ketiga dalam total pertandingan.

Tuan rumah sendiri, dari 14 pertandingan yang dilakoni kemarin hanya mampu meraih enam kemenangan, sedangkan delapan pertandingan lainnya menuai kekalahan. Klasemen sementara dari hasil kemarin, Provinsi kepri berada diurutan keempat, satu tingkat diatas Provinsi Riau.

Diolah dari sumber :
www.harianbatampos.com
Kamis, 16 Maret 2006