17 Februari 2008

Berlatih silat Perisai Diri, pekerjaan sudah menanti

Presiden Komisaris PT Panasonic Gobel Battery Indonesia, Rachmat Gobel, membuka rekrutmen Tenaga Kerja Perisai Diri (TKPD) untuk ditraining dan bekerja di perusahaan Panasonic dengan kontrak selama 3 sampai dengan 5 tahun. Ketika menghadiri acara pembukaan Mukernas Perisai Diri tanggal 16 Februari 2008 di Hotel Santika Yogyakarta, beliau mengatakan bahwa TKPD yang akan ditampung dapat mencapai 4 sampai 5 ribuan. Kesempatan diberikan secara merata dari berbagai daerah. Pengda dan Pengcab Perisai Diri dapat mempromosikan anggotanya untuk mengikuti rekrutmen ini.

Untuk mengikuti rekrutmen TKPD ini diperlukan persyaratan sebagai berikut :

  1. Mempunyai nilai-nilai dasar berbudi luhur pesilat
  2. Diutamakan dapat melatih silat / mengajarkan nilai-nilai luhur pesilat
  3. Diutamakan lulusan SMTA / Diploma / Sarjana
  4. Diutamakan masih single (putra maupun putri)
  5. Diutamakan yang mampu berbahasa Inggris, minimal secara pasif
  6. Jurusan apapun tidak masalah
  7. Diutamakan yang mampu menggunakan komputer (MS Office dan internet)
  8. Tidak ada batasan prestasi, tingkatan maupun umur
  9. Rekomendasi dari Pengurus Cabang / Pengurus Daerah, dan diverifikasi Pengurus Pusat.

Rachmat Gobel yang pernah menjabat sebagai Ketua Harian PB IPSI ini menambahkan bahwa penempatan TKPD tidak hanya di perusahaan Panasonic tetapi bisa juga ke perusahaan lain. Masa kontrak yaitu 2 tahun di Indonesia dan dapat dilanjutkan 3 tahun di luar negeri. Calon yang mempunyai keahlian tertentu di bidang apapun dapat memperbesar peluang untuk lolos rekrutmen.

Sekilas tentang Panasonic di Indonesia

Perusahaan keluarga Gobel dengan merk National sejak tahun 1970-an telah menjalin kerja sama dengan Panasonic yang merupakan brand yang dimiliki Matsushita Electric Industrial yang berpusat di Osaka, Jepang. Sebagai produsen baterai mangan, baterai lithium dan senter dengan brand Panasonic, PT Panasonic Gobel Battery Indonesia menjadi salah satu yang terbesar di antara keluarga Panasonic Baterry Group yang tersebar di 14 negara. Hasil produksinya masuk dalam pasar lokal maupun global pada lebih dari 60 negara.

Di Asia Pasifik, Panasonic muncul pertama kalinya dengan mendirikan pabrik pertamanya di Thailand pada tahun 1961. Beberapa tahun berikutnya, operasi Panasonic di kawasan ini pun berkembang. Saat ini operasinya ada di 9 negara, termasuk Indonesia, dengan total 75 perusahaan yang memperkerjakan lebih dari 82.000 orang dan mencapai total penjualan sebesar 9.457 juta US Dollar untuk tahun fiskal 2005, atau sama dengan 26% dari total penjualan luar negeri Matsushita Electric Industrial Co Ltd.

Di Indonesia sendiri, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang dan melekat di hati semua rakyat Indonesia. Dimulai dengan kehadiran radio Tjawang oleh almarhum Drs H Thayeb Moh Gobel pada tahun 1954, yang mana beliau terinspirasi oleh semangat nasionalisme untuk membuat sebuah alat komunikasi bagi sebuah negara baru, Indonesia. Beliau mendirikan PT Transistor Radio Manufacturing di Cawang, Jakarta, yang menjadi pelopor dari pabrik transistor radio yang disebut dengan Tjawang.

Pada saat almarhum Drs H Thayeb Moh Gobel sedang melanjutkan studi di Jepang, beliau bertemu dengan Mr Konosuke Matsushita, pendiri dari Matsushita Electric Industrial Co Ltd. Pada tahun 1960 ditandatangani perjanjian kerja sama teknikal antara kedua perusahaan tersebut. Berdasarkan perjanjian itu, pada tahun 1962 PT Transistor Radio Manufacturing memproduksi televisi tanpa warna pertama di Indonesia, yang bertujuan untuk memungkinkan masyarakat Indonesia menonton Asian Games.

Pada tahun 1970 didirikan PT National Gobel dengan melahirkan brand National. Nama National diganti dengan nama Panasonic pada tahun 2004. Sampai saat ini Panasonic di Indonesia tetap merupakan brand elektronik yang paling terkemuka dengan sederet produknya yang inovatif, mulai dari TV plasma, kamera, AC, kulkas, mesin cuci, dan lainnya.

Kelompok perusahaan manufacturing Panasonic yang ada di Indonesia diantaranya yaitu PT Panasonic Manufacturing Indonesia, PT Panasonic Gobel Battery Indonesia, PT Panasonic Shikoku Electronics Indonesia, PT Panasonic Battery Batam, PT Panasonic Lighting Indonesia, PT Panasonic Electronic Devices Indonesia, PT Panasonic Semiconductor Indonesia, PT Panasonic Shikoku Electronics Batam, PT Panasonic Electronic Devices Batam, PT MT Picture Display Indonesia, PT Display Devices Indonesia, dan untuk fungsi sales PT Panasonic Gobel Indonesia.