17 Februari 2008

Pesilat SMP Al-Azhar Batam tunjukkan prestasinya

Usai sudah pertarungan para pesilat pelajar dalam arena Kejuaraan Pencak Silat Pelajar se-Kota Batam Tahun 2008. Kejuaraan yang dibuka oleh Kepala SMUN 3 Batam pada tanggal 16 Februari 2008 di aula serbaguna SMUN 3 Batam ini diikuti oleh atlet pencak silat dari berbagai sekolahan yang ada di Kota Batam yang dibina oleh delapan perguruan pencak silat, yaitu Perisai Diri, Tapak Suci, Asad, Pagar Nusa, Himssi, Setia Hati Organisasi, Bintang Surya dan Setia Hati Terate. Kejuaraan ini bertujuan untuk menyeleksi atlet pelajar yang akan mewakili Kota Batam dalam POPDA (Pekan Olahraga Pelajar Daerah) Kepulauan Riau 2008 yang akan diselenggarakan di Kota Tanjungpinang.

Dalam even ini, SMP Al-Azhar Batam menerjunkan tujuh orang atlet yang sebelumnya telah digembleng dalam program Pelatcab (Pemusatan Latihan Cabang) atau TC (Training Centre) sejak tanggal 28 Oktober 2007 di bawah pembinaan Kelatnas Indonesia Perisai Diri Cabang Batam.

Prestasi gemilang diraih oleh Muhammad Nazarul, siswa kelas III-A SMP Al-Azhar yang berlaga di Kelas C Putra. Di partai penyisihan, Nazarul harus berhadapan dengan Muhammad Marfuin, sesama pesilat Perisai Diri dari SMP Al-Azhar. Kemenangan di partai penyisihan ini menghantarkan Nazarul ke partai semifinal menghadapi Zulfahmi, pesilat Setia Hati Organisasi. Setelah berhasil mengungguli lawannya, Nazarul melaju ke partai final untuk menghadapi Joko, pesilat Pagar Nusa. Setelah bertarung habis-habisan, wasit dan juri memutuskan bahwa Nazarul berhak memperoleh gelar Juara I Kelas C Putra.

Prestasi lainnya disabet oleh Ana Maria, siswa kelas VIII-C SMP Al-Azhar yang berlaga di Kelas A Putri. Pesilat yang masih menyandang sabuk putih dan baru berlatih silat beberapa bulan ini berhasil menunjukkan kemampuannya dalam melakukan teknik-teknik silat yang sangat bagus. Di partai penyisihan, Ana berhasil menyingkirkan Nur Amidah, pesilat Pagar Nusa. Di partai final melawan Khotijah dari Setia Hati Organisasi, Ana kembali bertarung penuh semangat hingga berhasil menjatuhkan lawannya sebanyak tiga kali. Namun di akhir pertandingan, Ana harus puas menduduki Juara II setelah wasit dan juri menyatakan bahwa lawannya yang menang.

Selain Ana, Juara II juga diraih oleh Nidaul Pangestika, siswa kelas VIII-A SMP Al-Azhar yang berlaga di Kelas D Putri. Dalam partai penyisihan, Nidaul yang baru pertama kali terjun dalam pertandingan pencak silat ini, sanggup menghajar lawannya, Anggun dari Setia Hati Organisasi. Namun di partai final Nidaul dihadang oleh Nurlaili, pesilat Setia Hati Terate.

Selain itu, pesilat Al-Azhar juga menyabet Juara III yang diraih oleh Rahmadayani, siswa kelas VIII-A SMP Al-Azhar yang turun di Kelas B Putri. Yani dikalahkan oleh Dwi Permatasari, pesilat Setia Hati Terate. Tiga atlet SMP Al-Azhar yang gagal menembus ke partai semifinal yaitu Primadonna di Kelas D Putra, Muhammad Marfuin di Kelas C Putra dan Fita Catur Febriana di Kelas C Putri.