04 Juli 2009

Penataran Pelatih dan Wasit Juri IPSI Kota Batam 2009

Untuk yang pertama kalinya Pengkot IPSI Kota Batam masa bakti 2009-2013 mencetak tenaga pelatih dan wasit juri baru. Dengan berlokasi di aula Asrama Haji Batam, Pengkot IPSI Batam mengadakan kegiatan Penataran Pelatih dan Wasit Juri IPSI Kota Batam 2009 selama 4 hari, dimulai dari tanggal 30 Juni 2009 sampai dengan 3 Juli 2009. Berbagai perguruan pencak silat anggota IPSI Kota Batam mengirimkan para pesilat terbaiknya untuk digembleng dalam penataran ini. Tercatat sebanyak 13 orang peserta Penataran Pelatih dan 19 orang peserta Penataran Wasit Juri.

Acara ini dibuka oleh Walikota Batam yang diwakili oleh Asisten II Ekbang Walikota Batam, Drs. H. Syamsul Bahrum, A.M.P., M.Si., Ph.D. Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Ketua Umum KONI Kota Batam yang diwakili oleh Staf Bidang Hubungan Luar Negeri KONI Kota Batam, Ir. Chris Triwinasis. Turut hadir juga Ketua DPD REI Khusus Batam, Ir. Mulia Pamadi, M.M., M.Hum., yang juga menjabat sebagai Pembina Pengkot IPSI Batam. Beberapa pejabat pemerintah yang menjabat sebagai Penasehat Pengkot IPSI Batam juga tampak hadir, diantaranya yaitu Komandan Kodim 0316 Batam, Kepala Kejaksaan Negeri Batam, dan pejabat lainnya.

Dalam laporannya, Ketua Harian Pengkot IPSI Batam, Sunardi S. Kasim selaku Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan bahwa penataran ini akan ditangani oleh delapan orang instruktur berpengalaman yang ada di Kota Batam ditambah satu orang instruktur dari daerah lain. Delapan instruktur tersebut yaitu Yandri Almiza (Ketua Lembaga Wasit Juri Pengkot IPSI Batam), Damar Handono (Ketua Lembaga Pelatih Pengkot IPSI Batam), Ricky Mendoza, S.T. (Ketua Biro Pembinaan Prestasi Pengkot IPSI Batam), Suyatno, S.H. (Ketua Lembaga Wasit Juri Pengprov IPSI Kepulauan Riau), Edi Priyono, A.Md. (Ketua Lembaga Pelatih Pengprov IPSI Kepulauan Riau), Erdawati (Anggota Lembaga Wasit Juri Pengkot IPSI Batam), Maman Mansur, S.E. (Pembina Pengkot IPSI Batam) dan seorang instruktur khusus yang didatangkan dari KONI Kota Batam, Edi Sihite (Ketua Harian KONI Kota Batam). Sedangkan instruktur dari luar Kota Batam adalah John Deny yang didatangkan dari Rengat, Indragiri Hulu, Riau.

Setelah menerima berbagai materi dari instruktur sesuai dengan bidangnya, para peserta diharuskan mengikuti ujian. Khusus untuk peserta Penataran Wasit Juri, sepuluh lulusan terbaik akan diterjunkan dalam even pertandingan pencak silat Batamindo Annual Games XVII yang akan diadakan pada tanggal 10 s.d. 11 Juli 2009. Sepuluh lulusan terbaik tersebut adalah :

  1. Esra Nugroho (Pagar Nusa)

  2. Ika Martianingsih (Merpati Putih)

  3. Indrawati Sugiatiningsih, S.E. (Merpati Putih)

  4. Djunardi, A.Md. (Merpati Putih)

  5. Rahmat Ramadhan (Walet Puti)

  6. Amirul Imansyah (Tapak Suci)

  7. Suparwi (Pagar Nusa)

  8. E. Siswono (Walet Puti)

  9. Rusmawati (Budi Suci Melati)

  10. Supriyadi (Persinas Asad)

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengkot IPSI Batam, H. Gintoyono, B.E., S.E., M.M. mengatakan bahwa untuk menggembleng para atlet, IPSI Kota Batam sangat memerlukan peningkatan mutu sumber daya manusia, baik dari sisi penjaringan atlet maupun dari sisi peningkatan kualitas tenaga pelatih. Di samping itu IPSI Kota Batam juga memerlukan tenaga wasit juri yang mandiri dan profesional untuk even-even internal maupun eksternal. Even terdekat yang akan dihadapi adalah Pekan Olahraga Kota (Porkot) Batam, yang jenjang selanjutnya adalah Porprov, Porwil, PON hingga Sea Games. Sebagai upaya untuk mewujudkan hal ini, Pengkot IPSI Batam dengan dukungan berbagai perguruan pencak silat dan pihak-pihak lainnya berhasil mengadakan Penataran Pelatih dan Wasit Juri ini.

Amirul Imansyah Darmanto Diah Ariyani
(Tapak Suci) (Setia Hati Terate) (Setia Hati Terate)
     
Djunardi, A.Md. E. Siswono Esra Nugroho
(Merpati Putih) (Walet Puti) (Pagar Nusa)
     
Ika Martianingsih Indrawati S., S.E. Insan Kamil Salim, S.Pd.
(Merpati Putih) (Merpati Putih) (Kembang Setaman)
     
Linoto M. Nurrohman, S.Ag., M.Pd. Napisah, A.Md.
(Suci Hati) (Setia Hati Organisasi) (Setia Hati Organisasi)
     
Rahmat Ramadhan Ratna Wati Rusmawati
(Walet Puti) (Setia Hati Terate) (Budi Suci Melati)
     
Suhendra Suparwi Supriyadi
(Satria Muda Indonesia) (Pagar Nusa) (Persinas Asad)
     
Abdul Ajid M. Andi Adilala Aprin Ardianto
(Pagar Nusa) (Persinas Asad) (Setia Hati Terate)
     
Arius Kristanto, A.Md. Bayu Ginanjar, S.Pd. Erna Natalia
(Setia Hati Terate) (Tapak Suci) (Setia Hati Terate)
     
Mahmudi Sudarsono Supriyanto
(Pagar Nusa) (Setia Hati Terate) (Setia Hati Organisasi)
     
Surya Irawan, A.Md. Sutarno Wahyudin
(Setia Hati Organisasi) (Setia Hati Terate) (Setia Hati Organisasi)